Skip to content

Profil UPJ

November 24, 2010

Sekilas Universitas Pembangunan Jaya | UPJ

Kelompok usaha Pembangunan Jaya bertekad dan berikhtikad mengabdikan sebagian dari kegiatan usaha induknya ke pendidikan, telah dengan taat asas menjalankan tugasnya dalam membangun manusia Indonesia hingga pada tingkat pendidikan menengah dengan hasil pencapaian yang sesuai harapan.

Pembangunan Jaya sadar akan kewajibannya sebagai bagian dari lembaga pendidikan di dalam kehidupan bangsa ini dan yakin bahwa kini tiba saatnya untuk melangkah lebih jauh. Keyakinan ini ditunjang oleh kenyataan bahwa kinerja murid-murid yang dihasilkan sekolah-sekolah di bawah bendera Pembangunan Jaya cukup menjanjikan dengan kemampuan melanjutkan studi di perguruan tinggi terkemuka baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain itu bangsa ini sedang bersaing keras dengan bangsa lain dalam era globalisasi ini agar keberadaannya pasti, dan pendidikan tinggi bermutu yang masih amat kurang di Negara ini merupakan salah satu piranti untuk mengokohkan keberadaan tersebut.

 

Kini di wilayah Banten sendiri, dan kawasan Bintaro Jaya-Bumi Serpong Damai telah terbentuk selapis masyarakat berpenghasilan menengah ke atas yang amat membutuhkan pendidikan bermutu tinggi di jenjang universitas bagi generasi berikutnya.

Meninjau kekuatan PJ dalam mengelola pendidikan dan komitmennya di bidang ini, induk organisasi PJ merasa sudah waktunya merintis jenis perguruan tinggi yang unik dan sesuai dengan kekuatannya serta berpeluang menciptakan generasi berikut yang mampu mendorong perkembangan kehidupan bangsa ke arah cerdas, kreatif, bermoral, berani memelopori bidang meski dengan resiko, dan penuh tanggung jawab sebagai warga.

Kekuatan utama PJ selama ini adalah di bidang pembangunan ragawi, yaitu industri konstruksi, jasa konstruksi, dan jasa pengembangan pemilikan aset. Bidang-bidang ini merupakan sektor riil ekonomi bangsa yang memerlukan tenaga kerja yang mampu senantiasa mendefinisi ulang dirinya.

Keadaan demikian mendorong PJ berpikir secara mendasar dan bertanggung jawab tentang pembentukan sejumlah manusia yang bersikap baru yang berkemampuan, bersikap, dan berwatak untuk selalu lentur dan adaptif terhadap perkembangan dunia. Atas pertimbangan ini maka pembentukan UPJ juga memerlukan suatu strategi yang mampu mengikuti dan pada saatnya menciptakan keadaan bagi anak didiknya untuk mengembangkan pribadi, lingkungan, masyarakat, bangsa, dan dunia.

Jika hanya mengacu pada sebagian besar universitas pada umumnya yang menganut sistem kemandirian fakultas maka UPJ tak akan keluar dari suatu tradisi yang kini semakin tersisih. Semua cendekiawan mengakui keunggulan mutu akademik sistem pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Data menunjukkan peringkat universitas terbaik dunia, baik yang diperingkat oleh Webometric AS, Shanghai Jiautong RRC maupun The Times Inggris, peringkat teratas sebagian besar diborong oleh universitas di Amerika Serikat. Keadaan demikian juga dibuktikan oleh kenyataan bahwa lulusan Amerika Serikat itu memiliki sikap percaya diri yang amat tinggi dan kemampuan mengungkapkan pendapat dengan tegas, jelas, serta ketajaman menilai keadaan.

Apakah dengan demikian lalu UPJ perlu menoleh ke sistem pendidikan AS ini, yang kini juga menjadi model yang ditiru atau disesuaikan oleh perguruan tinggi lain di dunia? Mungkin pada tahap awal, UPJ akan secara kritis menilai dirinya sendiri, meninjau apa yang telah dirintis, dan menentukan saat yang tepat untuk menerapkan suatu sistem berwarna sendiri yang sebagian dapat saja mengacu ke landasan berpikir AS, namun tidak bermaksud untuk meniru sistem tersebut.

Dengan demikian maka UPJ akan menghasilkan suatu mekanisme pendidikan yang unik tanpa keluar dari pagar nasional, namun mampu menjangkau tingkat global.

[ penggalan dari misi dan visi UPJ ] – diposting : Deden Maulana A

      From → Profil UPJ

      Leave a Comment

      Leave a comment