Skip to content

dkv upj

Konsep Pendidikan Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Jaya | DKV UPJ

Perkembangan urban dan perubahan kondisi sosial masyarakat kini menggiring terjadinya proses mutasi fisik dan perilaku manusia yang tinggal di kota, sebagai akibat ruang yang semakin tersegmentasi.
Manusia kian lama bergerak dalam ruang”segmentasi” di rumah, hotel, kantor, pasar, supermarket, ataupun ruang publik lainnya yang mengindikasikan terjadinya pola tinggal pada segmentasi ruang yang semakin beragam dengan besaran ruang semakin lama semakin menyempit. Kondisi inilah kemudian yang menumbuhkan “ruang sosial”, yaitu ruang yang berkaitan dengan cara tertentu dalam interaksi sosial serta ekspresi-ekpresinya secara verbal dan visual pada masyarakat urban.

Manfaat dan Keunggulan serta Visi, Misi dan Tujuan

Pendidikan Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Jaya | DKV UPJ

Visi Penyelenggaraan Program Studi

Menjadi penyelenggara pendidikan Desain Komunikasi Visual terbaik di tingkat nasional yang menghasilkan lulusan unggul, kompeten, dan mampu memajukan profesi desain serta menguasai wawasan lingkungan berkelanjutan dan memiliki jiwa kewirausahaan bersifat kepeloporan

MISI Penyelenggaraan Program Studi

1.    Menyelenggarakan pendidikan tinggi desain yang unggul, dinamis, dan memiliki kekhasan melalui sistem keterpaduan disiplin ilmu dan penerapannya secara nyata dalam masyarakat.

2.    Mengembangkan pendidikan tinggi desain yang berorientasi pada pengembangan jiwa kewirausahaan dan profesionalitas desain yang menjunjung etika (moral), serta kemampuan mengembangkan diri ke jenjang pendidikan selanjutnya.

3.    Menyiapkan pendidikan tinggi desain yang memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan yang lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia dalam suasana akademik yang penuh dengan nilai-nilai kreativitas.

4.    Menciptakan dan membina suasana akademik yang kondusif melalui proses peningkatan kemampuan untuk  mengikuti/menguasai perkembangan ilmu desain secara terus menerus.

TUJUAN Penyelenggaraan Program Studi Desain Komunikasi Visual

1.    Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam kajian desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks urban serta kaitannya dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan budaya yang melingkupinya.

2.    Menghasilkan sarjana desain komunikasi visual yang memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang berdampak positif sebagai agen perubahan sosial, budaya, dan lingkungan dalam masyarakat.

3.    Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian & pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas.

4.    Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja maupun sebagai pekerja bidang industri kreatif yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

SASARAN Program Studi Desain Komunikasi Visual

1.    Terbangunnya lembaga pendidikan tinggi bidang kajian desain komunikasi visual yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, dan mandiri.

2.    Terciptanya wirausaha-wirausaha baru yang memiliki wawasan dan kemampuan mengembangkan usaha bidang industri kreatif.

2.    Terciptanya lembaga ke-cendekiawan-an (scholarship institution) yang mampu mendorong perkembangan industri kreatif nasional.

MANFAAT Program Studi antara institusi, masyarakat dan bangsa

Manfaat Program Studi desain komunikasi visual terhadap institusi, masyarakat dan bangsa dipicu dengan semakin meningkatnya dan berkembangnya wacana industri kreatif di tanah air. Hasil kajian  “Studi Mapping Industri Kreatif Indonesia versi Departemen Perdagangan RI (Minggu, 21 Oktober 2007, http://industri-kreatifdepdag.blogspot.com/16 juli 2010), dijelaskan bahwa “Industri Kreatif merupakan pilar utama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memberikan dampak yang positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.”

[ updating ]

%d bloggers like this: